Ayat Amana Rasul


Kepunyaan Allah-lah segala apa yang ada di langit dan apa yang ada dibumi. Dan jika kamu melahirkan apa yang ada di dalam hatimu atau kamu menyembunyikannya, nescaya Allah akan membuat perhitungan dengan kamu tentang perbuatanmu itu. Maka Allah mengampunkan siapa yang dikehendakiNya dan menyiksa siapa yang dikehendakiNya dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Rasul telah beriman kepada al-Quran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikatNya, kitab kitabNya dan rasul rasulNya. (Mereka mengatakan) "Kami tidak membeza bezakan antara seorang pun (dengan yang lain) dari rasul rasulNya," dan mereka mengatakan "Kami dengar dan kami taat". (Mereka berdoa)"Ampunilah kami ya Tuhan kami dan kepada Engkaulah tempat kembali"

Allah tidak membebankan seseorang melainkan sesuai dengan kemampuannya. Dia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan dia mendapat seksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa) "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami salah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami bebanan yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang yang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami apa yang tidak sanggup kami menanggungnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami dan rahmatilah kami. Engkaulah penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir"

I started reading the Tafsir when I came to Abu Dhabi. Not that fast though. Coz I do plan to understand what I'm reading and relate it to the Ayat. And I came across this Ayat which was thought to me since I was little. I was force to memorize the Ayat. I was quizzed to recite the Ayat. And I recite it almost every time after Solat in school. But NEVER I was thought about the meaning of this Ayat. 

Ayat Amana Rasul.

That's the name of the Ayat. When i came across this Ayat while reading the Tafsir, I almost cried. The meaning are BEAUTIFUL. The kind of Ayat that I would need when I feel like crying over a tough customer or colleague. The kind of Doa that I would love to recite every minute of my life and definitely would like for Allah to make it true. It's so beautiful. So meaningful. Especially the last sentence. 

And because of that, I would like to share it with all of you. 

2 comments: